Sabtu, 20 April 2013

Tips Merawat Komputer PC
 - Sebuah komputer baru tentunya akan bekerja pada kondisi kemampuan maksimalnya, namun seiring berjalannya waktu pemakaian menyebabkan performa terus menurun.


Tips Merawat Komputer PC
Pada kenyataannya, banyak pengguna komputer atau PC (Personal Computer) cenderung “malas” untuk melakukan perawatan rutin baik terhadap Software maupun hardware yang digunakan di komputer tersebut.
Mungkin karena sebagian pengguna belum tahu, tidak familiar dan takut “merusak” PC itu sendiri padahal hal ini sangat penting. Mengapa sangat penting? Karena dengan dengan rutin melakukan maintenance tersebut, komputer kita diharapkan kembali ke performa yang maksimum selain terhindar dari dari kerusakan yang tidak diinginkan. Berdasarkan kegiatan perawatan yang dilakukan, maintenance Tips Merawat Komputer PC dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

1) Maintenance Hardware
Secara umum, maintenance hardware ini adalah dengan membersihkan bagian-bagian komponen CPU PC kita. Yang sering terjadi adalah debu yang sering menempel di kipas pendingin power supply atau kipas pendingin lainnya. Untuk itu, bersihkan dengan kuas pada bagian tersebut dan juga bagian-bagian lain di dalam casing CPU tersebut, seperti slot memory, harddisk, power supply dan motherboard.
Tergantung dari penempatan CPU tersebut, setiap beberapa bulan atau setahun sekali sebaiknya kondisi dalam casing CPU dibersihkan. Lebih baik lagi apabila kita bisa melepas semua komponen yang bisa mudah dilepas, dibersihkan dan dikembalikannya satu persatu, namun tentunya bagi orang yang sudah berpengalaman atau familiar dengan komputer.
Tips Merawat Komputer PC
Namun perlu diingat jangan menggunakan cairan pembersih apapun untuk membersihkan hardware, khusus komponen hardware berbahan kuningan seperti bagian dari memori, maka kita dapat menggunakan penghapus pensil untuk membersihkannya.

2) Maintenance Software
Selain hardware, perawatan rutin yang harus lebih sering kita lakukan adalah Software maintenance. Mengapa? Karena dengan melakukan perwatan Software secara rutin, maka seluruh program yang ada di komputer kita dapat bekerja dengan baik dan meningkatkan performa PC pada umumnya, selain itu perwatan Software ini cenderung lebih mudah dan kita tidak harus berkotor-kotor ria karena debu dan sebagainya. Berikut hal-hal yang bisa kita lakukan:

Disk Cleanup
Hal ini paling mudah kita lakukan, dengan melakukan disk cleanup space harddisk kita akan terpakai secara optimal, juga membersihkan file-file yang tidak berguna. Caranya adalah (Pada Windows OS) dengan klik My Computer>pilih salah satu drive>klik kanan>Properties>Disk cleanup atau Start>Programs>Accessories>System Tools>Disk cleanup.
Tips Merawat Komputer PC

Disk Defragment
Disk Defragment merupakan satu langkah maintenance yang perlu rutin dilakukan untuk menjaga performa komputer anda tetap sehat dan terjaga.
Fragmentasi terjadi ketika sistem operasi memisahkan file-file ke dalam beberapa bagian karena tidak cukupnya space harddisk yang tersedia di lokasi dimana file tersebut tersimpan. Kemudian sistem akan terus mengingat pola bagaimana menyimpan file tersebut.
Yang menjadi masalah, ketika sistem operasi memanggil file sistem (FAT/NTFS) ternyata lokasi tersebut sudah digunakan oleh file temporary lainnya, ini akan berakibat sistem operasi yang bereaksi tidak sewajarnya akibat salahpaham tersebut.
Tips Merawat Komputer PC
Untuk itulah, perlu di lakukan disk defragment secara berkala dengan tujuan agar sistem operasi menata ulang file dan tempat semestinya mereka berada. Untuk melakukan defragment, dapat dilakukan dengan cara:
Klik Start Menu>Programs>Accessories>System Tools>Disk Defragment atau My Computer, pilih salah satu drive dan lanjutkan dengan klik kanan, Properties>Tools>Defragment.


Hapus program dan file yang sudah tidak digunakan lagi
Untuk menghapus program yang sudah tidak digunakan dengan cara Start Menu>Setting>Control Panel> Add/Remove Programs.


Meng-update antivirus 
Apabila komputer kita terkoneksi dengan internet, kita patut untuk selalu meng-update antivirus kita dengan update terbaru, Karen setiap hari beragam jenis virus terus bermunculan, sehingga perlu dilakukan update antivirus agar sistem komputer kita tidak mudah terserang virus.


Menggunakan Utility Software
Selain menggunakan utilty bawaan sistem operasi Windows, kita juga dapat menggunakan utility Software seperti system mechanic, cc cleaner, registry cleaner, dan lain-lain untuk meningkatkan kinerja komputer kita.


Backup data penting
Semua langkah perawatan sederhana di atas sudah kita lakukan, namun ada baiknya kita backup data-data penting kita, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kebakaran, komputer kita rusak, dan lain sebagainya. Backup dapat kita lakukan dengan membuat duplikat data kita di beberapa partisi drive yang ada, menyimpan data kita di flashdisk, cd, ataupun dengan menyimpan data kita lewat cloud computing.


Perawatan Personal Komputer Lengkap Terbaru 2013

Perawatan Personal Komputer Lengkap Terbaru 2013 - Perawatan Personal Komputer - Periferal  komputer  merupakan peralatan pendukung dari sebuah  PC. Terkadang  periferal  tersebut  tidak  bekerja  sebagaimana  fungsiny atau  rusak.  Untuk  itu  perlu  dilakukan  perbaikan  pada  periferal
tersebut.  Sebelum  melakukan  perbaikan,  perlu  disusun  langkah- langkah persiapan perbaikan sebagai berikut :
-   Mempersiapkan alat-alat bantu yang digunakan untuk perbaikan,
-   Mendiagnosa kerusakan-kerusakan yang terjadi,
-   Menemukan   bagaimana   cara   melakukan   perbaikan   periferal
-   Melakukan perbaikan periferal
Sedangkan untuk melakukan perbaikan periferal, dibutuhkan beberapa
alat bantu atau tools-kit sebagai berikut :
-   Obeng
-   Tang
-   Kuas
-   Kain kering atau tisu dan cairan pembersih
-   Penyedot debu mini / vacum cleaner
Metode perawatan pasif dan aktif
Perawatan Personal Komputer
Metode perawatan pasif :
Memilih lokasi untuk komputer yang bebas dari polusi udara seperi asap, debu, kotoran dan polusi lain.
Memperkecil kemungkinan terjadinya variasi suhu ruangan. Misalnya, denan memberi AC atau tidak menmpatkan komputer dekat jendela agar komputer tdk terkena sinar matahari secara langsung.
Mendekatkan outlet ground dari power yang sudah stabil dan bebas dari gangguan elektris dan inferensi. Hal ini berfungsi menghindari listrik statis.
Bila memungkinkan, jauhkan komputer anda dari pemancar atau sumber-sumber frekuensi radio.

Metode perawatan aktif :
Insensitas melakukan perawatan  aktif sangatlah tergantung dari lingkungan dan kualitas komponen. Bila lingkungan kita kotor dan berdebu, kita harus membersihkan komputer palig tidak 3x dalam 1 bulan. Namun untuk lingkungan yang normal, pembersihan komputer dapat dilakukan beberapa bulan sekali dalam setahun. Namun jika kita membuka komputer setelah setahun ternyata di dalamnya telah penuh debu ada baiknya  kita memperpendek interval pembersihan.

Peralatan Perawatan PC
Periferal komputer merupakan peralatan pendukung dari sebuah PC. Sebuah PC terdiri dari beberapa komponen, dimana masing masing komponen memiliki fungsi tersendiri yang akan saling berkaitan. Walaupun komponen PC terletak dalam sebuah case komputer namun masih banyak kotoran yang dapat mengganggu fungsionalitas komponen baik dari debu maupun sarang serangga. Untuk membersihkan kotoran tersebut dapat digunakan peralatan dan bahan yang sederhana seperti :

  1. Penyedot debu mini
  2. Kain kering atau tisu
  3. Cairan pembersih / cleaner
  4. Disk cleaner
  5. Cd Cleanet
Sedangkan untuk alat perlu disediakan:
Obeng
Tang
Kuas
Peralatan yang dibutuhkan untuk perbaikan periferal:

a) Penyedot Debu Mini - Penyedot debu mini hampir sama dengan kuas yang digunakan untuk menghilangkan debu. Namun penyedot debu lebih mudah dan lebih bersih. Pada ujung penyedot debu mini dilengkapi dengan sikat dengan ukuran yang beragam dimaksudkan untuk menyesuaikan luas sempitnya sudut-sudut pada komponen. Alat ini sangat tepat digunakan untuk membersihkan rangkaian di mainboard dan di sudut-sudut casing komputer.

b) Kain Kering Atau Tisu dan Cairan Pembersih - Kain kering atau tisu  digunakan untuk membersihkan  kotoran cair yang mungkin akibat softdrink, tinta atau air hujan yang masih segar atau belum mengering. Kotoran cair sangat berbahaya jika tidak segera dibersihkan karena jenis kotoran ini dapat menghantarkan arus sehingga dapat mengakibatkan hubungan pendek atau kerusakan fatal pada komponen PC. Sedangkan Cairan pembersih digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah mengering seperti percikan dari tinta printer.

c) Kuas - Kuas merupakan peralatan yang digunakan untuk membersihkan debu atau sarang serangga. Selain itu kuas juga digunakan untuk membersihkan debu-debu yang menutup pada fentilasi casing. Kuas dapat juga digunkan untuk membersihkan motherboard dan sirip heatsink pada prosessor.

d) Disk Cleaner Disk cleaner  digunakan untuk  membersihkan head dari diskdrive dari pengaruh debu atau kotoran yang menempel pada head floopy drive. Disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan floopydisk yang piringannya diganti dengan kertas tisu.

e) CD Cleaner - CD cleaner prinsip kerjanya sama dengan disk cleaner yaitu dengan menggosok bagian yang berdebu atau kotor dengan cairan pembersih dengan memanfaatkan putaran. Beda cd cleaner dengan disk cleaner hanya terletak pada bentuknya  yaitu pada cd cleaner menggunakan sikat kecil atau sirip yang dipasang pada disk.

f) Obeng - Obeng merupakan peralatan penting bagi para teknisi komputer, karena dengan alat inilah teknisi mampu membuka dan melepas komponen dalam PC.

g) Tang - Jenis tang untuk keperluan teknisi dalam melakukan perawatan komponen PC adalah tang cucut dan tang kombinasi. Tang cucut banyak digunakan untuk memegang kepala skrup atau jumper yang kecil. Sedangkan untuk tang kombinasi digunakan untuk memotong kabel dan keperluan lainnya.

Berikut Merupakan Rangkuman jenis kerusakan yang kerap terjadi pada komputer dan Bagaimana Cara mengatasinya :

1. Komputer Tidak Mau Hidup
Cara Mengatasinya :
·         Cek koneksi kabel (dari power outletnya ke tombol power pada PC)
·         Cek apakah stabilizer berfungsi atau tdak (jika memakai stabilizer)
·         Cek kabel power pada CPU
·         Jika masih juga tidak mau hidup permasalahanya mungkin terletak pada power supply atau MB

2. Komputer Mau Hidup Tetapi Tidak Mau Booting

Cara Mengatasinya :
·         Kenali Terlebih dahulu Bunyi Beep :
·         Beep 1 kali saja Tanda bahwa kondisi komputer baik
·         Beep 1 kali, panjang Terdapat problem di memory
·         Beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek Kerusakan di VGA card
·         Beep 1 kali panjang dan 2 kali pendek Kerusakan di DRAM parity
·         Beep terus menerus Kerusakan dimodul memory atau memory video coba Cek dengan menggunakan software dianosa seperti sisoft sandra, PC mark04, PC mark05 dll

3. Komputer Mau Booting Tetapi Selalu "Safe Mode " (untuk masuk ke safe mode tekan F8)

Cara Mengatasinya :
·         restart kembali komputer anda
·         jika masih trouble intall ulang windows anda
·         jika masih safe mode juga, berarti HD anda bermasalah
·         cek dengan : scan disk
4. Komputer Sering Hang
Cara Mengatasinya
·         Disebabkan software mengalami crash
·         tekan ctrl + alt + del >> klik End task pada program yang "Not Responding"
·         tekan tombol restart pada CPU
·         Disebabkan hardware mengalami konflik (adanya penambahan hardware baru)
·         konflik antar hardware sering terjadi pada sistem operasi windows
·         install ulang windows anda, tetapi yang perlu diingat sebelum reinstall windows anda,
5. Keyboard Tidak Dikenali Oleh Komputer
Cara Mengatasinya
·cek apakah keyboard anda sudah terpasang dengan benar
·Jika sudah tapi masih juga keyboard tidak terdeteksi maka kemungkinan keyboard anda bermasalah.
·         coba ganti keyboard anda, jika sudah diganti tapi juga masih bermasalah maka kemungkinan besar yang rusak adalah di bagian port keyboard di MB anda.
·         Jika memang Sudah di Ganti Keyboard Baru tapi tetap tidak terdeteksi Juga Coba Ganti dengan Keyboard USB dan apabila tidak terdeteksi Juga berarti ada yang salah Pada sitem Windows Sobat
6. Mouse Tidak Dikenali Oleh Komputer (sama denagn kasus keyboard)
7. Pointer Mouse Selalu Meloncat-Loncat
Cara Mengatasinya
·         mouse kotor segera di Bersihkan (khususnya pada bola mouse)
8. Komputer Sering Crash
Cara Mengatasinya :
·         cek semua posisi kabel, hardware, dan juga tegangan pada casing, cek suhu pada CPU dan jua cek ram, processor dan juga vga.
9. Monitor Tidak Mau Nyala
Cara Mengatasinya :
·         pastikan semua kabel power maupun konektor yang berhubungan dengan monitor ok
·         pastikan juga pin yang ada pada port VGA masuk dengan sempuran tidak ada yang bengkok apalagi tidak masuk semua/salah satu pin ke port VGA
·         pastikan juga VGA card anda ok
10. Monitor Seperti Berkedip Saat Digunakan
Cara Mengatasinya :
·         masuk ke display propertis (klik kana semabrang tempat pilih propertis)
·         Tekan tab setting dan klik advance, kemudian klik adapter, pada bagian ini ditampilkan refresh raet yang dininkan

Berikut jenis masalah yang timbul pada beberapa periferal komputer :

1. Keyboard.
Debu menjadi banyak dan mengeras sehingga menekan tombol keyboard akan menjadi keras. kotoran cair akan menyebabkan yang sering terpencet terus, dan juga dapat terjadi hubungan pendek dan keyboard tak dapat dipakai kembali, dan yang paling parah menyebabkan port PS/2 pada motherboard mengalamai kerusakan.

2.Monitor. 
Jika debu tersebut sudah menempel pada layar kemudian cara membersihkannya tidak benar dapat menggores layar monitor.
Selain pada layar, debu juga dapat menutupi fentilasi udara pada monitor yang akan menimbulkan panas yang berlebihan pada monitor. Untuk kotoran cair yang masuk ke dalam monitor dapat mengakibatkan kerusakan monitor.

2. Fan (kipas). 
Debu pada fan sangat sering dijumpai jika periferal komputer terletak pada ruang terbuka atau banyak debu. Karena debu ini akan tersedot oleh fan casing maupun fan periferal yang lain. Debu ini akan menghambat putaran fan jika telah menempel pada poros dari fan tersebut. Apalagi debu yang mempunyai sifat padat dan keras. Debu semacam ini akan lebih mudah dan lebih cepat mengurangi fungsi komponen secara umum (korosi).

3. Printer.
 Untuk debu akan berakibat roller pemutar kertas menjadi terhambat hal ini terjadi jika debu sudah menumpuk terlalu banyak. Sedangkan untuk kotoran cair tinta dapat mengotori head ataupun cartridge. Cartridge merupakan komponen yang sangat rawan, sehingga trouble yang paling parah adalah cartridge mati merupakan kasus yang sering terjadi akibat tinta yang berlebihan.

4. Mouse.
Mouse yang masih menggunakan bola (scroll) bersentuhan langsung dengan alas (mouse pad) dimana alas tersebut merupakan sumber debu. Jika debu telah banyak yang menempel pada mouse, maka gerakan bola menjadi tidak normal, dapat dilihat dari gerak kursor yang meloncat-loncat ataupun dirasa sangat lambat. Hal ini akan membuat mouse sulit diarahkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar